cara mudah dan ampuh agar hemat baterai Android



Assalamualaikum...

Salam android..!!
berjumpa lagi dengan saya admin dari herdydroid. :) kali ini saya akan bagiin tips cara mudah dan ampuh hemat baterai android agar kamu bisa lebih lama menggunakan smartphone kamu untuk browsing, main game, atau melakukan aktivitas dengan android kamu.
Smartphone android memang perangkat yang saat ini lagi ngehits di kalangan pengguna smartphone karena  android memiliki banyak kelebihan dari smartphone lainnya. Disamping kelebihannya yang begitu banyak tersebut, android juga memiliki beberapa kekurangan.
Salah satunya dari kelurangan dari smartphone android adalah konsumsi baterainya yang begitu tinggi sehingga membuat kita berulang kali melakukan charging.
Namun masalah tersebut dapat kita minimalkan dengan beberapa cara agar smartphone android kita  bisa bertahan lebih lama.
 Apa kamu ingin tahu bagaimana cara menghemat baterai smartphone android kamu? kalau begitu langsung saja kita lihat caranya.
Selamat menyimak.. :)

1. Matikan data seluler

Saya sarankan agar kamu mematikan data seluler kamu ketika sedang tidak begitu perlu. Mematikan atau menonaktifkan data seluler adalah salah satu cara ampuh untuk menghemat baterai android. Karena data seluler cukup banyak menguras baterai android kamu apalagi sambil kamu melakukan browsing ataupun main game online. Sedikit tambahan dari saya, kamu juga bisa mengganti jaringan seluler kamu dari WCDMA (3G/HSDPA) menjadi GPRS (GPRS/EDGE) untuk lebih menghemat baterai android kamu. Tetapi kecepatan internet kamu akan menjadi lebih lambat karena akan menjadi GPRS/EDGE saja.

2. Matikan live wallpaper

Yang satu ini juga adalah salah satu penyebab baterai android kamu menjadi boros karena live wallpaper selalu berjalan di background dan otomatis akan menguras baterai android kamu dengan cepat.

3. Matikan GPS

GPS adalah salah satu dari kelebihan dari smartphone android karena GPS bisa menunjukkan navigasi arah dan sangat berguna bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan jauh. Namun dibalik manfaatnya GPS juga memberikan dampak negatif bagi smartphone android kamu yaitu konsumsi baterai smartphone kamu meningkat dan otomatis smartphone kamu akan cepat kehabisan baterai.

4. Matikan Wi-fi & Bluetooth

Hal ini adalah hal yang sering diremehkan oleh pars pengguna android padahal aktifnya Wi-fi & Bluetooth sangatlah menguras baterai android kamu. Usahakan untuk mematikan Wi-fi & Bluetooth kamu ketika sedang tidak diperlukan.


5. Matikan Multitasking

Multitasking adalah salah satu penyebab borosnya baterai android kamu karena ada aplikasi yang sedang berjalan dibelakang (background) android kamu. Hal ini disebabkan karena kamu membuka sebuah aplikasi namun kamu tidak keluar dari aplikasi tersebut, yaitu dengan hanya menekan tombol home. Cara mematikan aplikasi yang berjalan di backgroud tersebut adalah dengan cara menekan lama pada tombol home android kamu ataupun menekan tombol recent apps (Android Kitkat 4.3) lalu bersihkan aplikasi yang sedang berjalan dengan cara meyeretnya kekiri ataupun kekanan.


6. Mengatur kecerahan layar

Kecerahan layar sangatlah berpengaruh bagi konsumsi baterai android kamu dan saya sarankan untuk meredupkan layar smartphone android kamu ketika di dalam ruangan agar lebih menghemat konsumsi baterai android kamu.

7. Matikan  smartphone android (LOL) :)
Tips yang terakhir ini dijamin ampuh karena android kamu tidak harus menjalankan aplikasi apapun jadi otomatis akan menghemat baterai android kamu. Yang terakhir ini cuma bercanda ya..:D

Sebenarnya masih banyak lagi cara menghemat baterai android yang lainnya. Namun saya pikir cara yang saya berikan di atas sudah memberikan dampak yang besar untuk menghemat konsumsi baterai android anda.

Sampai disini dulu tips saya kali ini tentang cara mudah dan ampuh hemat baterai Android. Dan semoga bermanfaat bagi anda para pengguna smartphone android.
Salah khilaf mohon maaf.

Wassalam..

Kalau ada yang kurang atau yang salah silahkan berkomentar dibawah.
Previous
Next Post »